Apa itu SEO ? Tutorial SEO bagi Pemula

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan SEO - Kegiatan menargetkan suatu situs pada Mesin Pencari untuk mendapatkan hasil pencarian yang memuaskan.



Penerapan SEO dalam web maupun blogPengertian tentang SEO


APA ITU SEO ? 

SEO adalah kegiatan atau proses unutuk menargetkan situs web ke halaman utama search engine demi mendapatkan visitor yang banyak.Untuk memastikan agar blog atau website ke halaman pertama search engine, maka harus terdapat keyword dan kata-kata dan frase yang relevan agar search engine mendata blog kita dengan baik.






Bagaimana Cara Kerja Search Engine ?


Mesin pencari melakukan beberapa kegiatan agar mendapatkan hasil pencarian yang baik. Apa saja kegiatan itu ? mari kita ulas bersama

Crawling ( Merayap / perayapan )

adalah proses pengambilan semua halaman web yang terkait dengan situs web maupun search engine. Tugas ini di lakukan oleh perangkat lunak yang di sebut Crawler atau Spider. Seperti halnya googlebot.

Indexing

adalah proses menciptakan indeks (seperti list) untuk suatu halaman web maupun blog yang di ambil oleh mesin pencari dan menjaga semuanya ke dalam database. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata yang menggambarkan seuatu web dan menugaskan halaman tersebut untuk tampil di search engine dengan kata kunci tertentu.

Processing ( Pemrosesan )

adalah proses membandingkan kata-kata yang di terima oleh mesin pencari lalu menampilkan halaman suatu web atau blog yang terindeks dalam database.

Calculating Relevancy ( Menghitung Relevansi )

Mesin pencari akan menelusuri kata-kata dari yang relevan sampai yang tidak relevan. Karena, ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman berisi kata-kata yang sama.

Retrieving Results ( Mengambil Hasil )

Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari yaitu mengambil hasil yang cocok dan terbaik.


Keuntungan Menerapkan SEO


1. Trafik pengunjung meningkat

tentunya, trafic pengunjung akan terus meningkat apabila artikel kita berada pada halaman utama di search engine.

2. Bagi Bidang Perusahaan dan Jasa, Penghasilan juga akan ikut Meningkat

Dengan adanya SEO, Perusahaan ataupun Jasa seseorang penghasilan akan meningkat. Karena, website tersebut sudah berada pada posisi pertama di search engine.


Panduan Singkat SEO


Saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana agar blog atau website anda mendapatkan hasil pencarian yang baik.

1. Pelajari Bagaimana menulis artikel atau produk anda agar mengandung kata-kata dan frase yang di gunakan oleh orang-orang untuk mencari artikel atau produk anda

Menulis artikel sangatlah mudah, tetapi tidaklah mudah untuk mendapatkan peringkat 1 di search engine. Berbagai kata kunci telah di masukkan ke dalam artikel, namun hasil yang di targetkan pun belum juga tercapai. lalu bagaimanakah caranya ?
Pelajari tentang Cara membuat artikel yang baik

2. Membangun link yang mengarah ke website, blog atau produk anda

Backlinks ? Ya, benar. mungkin anda pernah melakukan komentar dengan Name/url atau bahkan menggunakan link hidup. Hal ini memang berguna, namun, persentase untuk mendapatkan backlinks sangatlah kecil. Pelajari lebih lengkap tentang backlinks

Lalu, Apa jawabannya ?
Link exchange. Sebuah cara untuk mengarahkan links ke artikel atau produk anda. Ingat! link harus mengarah ke artikel anda, bukan halaman depan blog anda. Pelajari lebih lengkap tentang Link exchange.


3. Dan masih banyak lainnya.
mungkin akan saya update di luar artikel ini, jadi jangan lupa untuk terus memantau blog Mas Wildan.